Maju Terus, Rumah Ramah Rubella...

Let me start it with a biiiig hug for Ubii and mama Gracie..

I have to admit, sejak pertama Mama Gracie memperkenalkan diri di Kumpulan Emak Blogger, saya begitu tersentuh dengan cerita Ubii dan perjuangan penuh cinta mama Gracie..aaah, panggil mama Ges cantik ajaaa yaaa..

Happy Ubii with mommy 





Di blog letters to Aubrey, saya sering meneteskan 
air mata ....
Karena ada begitu banyak cinta di sana. 
Berbalut perjuangan tak kenal lelah, baik secara fisik maupun emosional, yang lagi-lagi menjadi bukti nyata cinta tak terbatas seorang ibu. dan betapa Sang Maha Kasih memiliki rencana istimewa untuk keluarga kecil mereka.

Dan sekarang, Rumah Ramah Rubella telah berdiri...



Gambar diambil dari sini 

Saya saluuut dengan komitmen dan real action yang tentu saja membawa berjuta manfaat. Sungguh, 10 jempol pun tidak cukup untuk mengungkapkan kekaguman saya kepada teman-teman para penggagas, sukarelawan dan tentu saja Mama Ges.

Berawal dari niat mulia agar semua orang tua, terutama calon orang tua, memiliki informasi yang lengkap, akurat dan terpercaya mengenai Congenital Rubella Syndrome,  the do's and the dont's, termasuk apa itu virus rubella dan segala implikasinya. 


Saya sendiri harus akui, jika saya tidak mendapat berkah dan kesempatan untuk melahirkan anak-anakku sayang di negeri orang yang notabene memiliki sistem kesehatan yang mumpuni, saya pun belum tentu aware dan paham akan hal-hal penting yang harus diketahui oleh ibu hamil maupun perempuan yang ingin memiliki anak. Termasuk urusan TORCH, rubella dan berbagai isu penting terkait kehamilan kita. 

Saat di Melbourne dan Jenewa, sejak saya berkonsultasi dengan dokter untuk persiapan memiliki buah hati, kami dibekali dengan berbagai buku, pamflet, jadwal, matriks dan berbagai informasi yang jelas dan menarik untuk dibaca. Kelas parenting dan kelas hamil untuk semua calon orang tua tersedia dengan bebas biaya, bahkan petugas kesehatan dapat datang ke rumah jika memang dibutuhkan. Sayangnya, saya sendiri tidak punya pengalaman melahirkan di Indonesia, jadi saya tidak bisa banyak bercerita mengenai hal yang sama.

Rubella, yang juga dikenal sebagai campak Jerman, mungkin terdengar familiar.  Tapi apakah kita semua paham akan potensi bahaya penyakit yang sering dianggap enteng  dan bahkan tidak selalu terdiagnosis dengan tepat? Apakah kita mampu mendeteksi tanda-tandanya? Tahukah kita bahwa penyakit ini sangat mudah menular dan apabila terjangkit, bagaimana mengatasinya? Dan mungkin yang paling penting, apa dampaknya bagi ibu hamil dan bagaimana menghindarinya…Saya sendiri harus banyak belajar juga mengenai hal ini.

Jujur saja…semua informasi ini sebenarnya banyak tersebar di dunia maya. Banyak laman maupun blog yang berisi informasi lengkap tentang hal ini. Namun tidak semua orang memiliki akses internet. Tidak semua orang bisa fokus dan mencari informasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan, di tengah begitu banyaknya  informasi yang tersedia. Tidak semua mengerti informasi yang disampaikan, entah karena bahasanya yang begitu teknis (khusus dokter dan mahasiswa kedokteran sepertinya :)) atau justru karena tersedia dalam bahasa asing.

Dan di sinilah Rumah Ramah Rubella bisa memainkan peranan pentingnya. 
Untuk benar-benar menjadi rumah hangat yang dapat merangkul siapa saja yang membutuhkan..baik itu informasi lengkap terkait Congenital Rubella Syndrome, tips dan tricks  untuk mengatasinya, jejaring maupun contact person dan tempat-tempat yang penting, atau  teman berbagi cerita maupun kisah-kisah inspiratif yang insya Allah berguna.

Aaah, saya yakin Rumah Ramah Rubella sudah menjalankan ini. 
Dengan jajaran relawan yang penuh dedikasi, termasuk Mak Ges cantiiik, banyak sudah kiprah RRR di dunia maya maupun nyata yang kaya manfaat. Saya juga percaya ada banyak ide-ide brilian yang telah dicetuskan dan telah dijalani oleh teman-teman RRR  maupun teman-teman yang mengikuti GA ini.


Saya  hanya ingin sedikit berkontribusi dan menambahkan apa yang sudah dengan baik dilakukan oleh RRR. Saya sudah berjanji untuk membantu sebisa saya untuk menterjemahkan beberapa informasi yang berbahasa Inggris. Selain menjadi pembelajaran untuk saya, mudah-mudahan informasi yang ada bisa menambah khasanah informasi yang bermanfaat untuk semua melalui Rumah Ramah Rubella.

Banyak cara untuk memastikan Rumah Ramah Rubella dapat memenuhi misinya untuk berbagi kepada banyak orang tentang  Congenital Rubella Syndrome.

Update terus grup di Facebook, juga blog, sebagai senjata ampuh untuk menyebarkan informasi ...dibuat tambah ceria, catchy, namun tetap informatif..

Diseminasi is the key....untuk itu, perluas network, gabung dengan banyak komunitas, online maupun off line.

Narsis itu penting...harus rajin nongol di sana sini..di blog, di sosmed, di TV, melalui siaran radio, majalah...the more the better...mulai dari yang dapat dilakukan dengan gratis dan mudah, agar makin banyak yang kenal RRR. Cetak kalender yang sudah dilakukan juga salah satu cara asyik untuk woro-woro...mungkin nanti bisa bertambah ke Pin, stiker, kaos, tas kecil, notepad, dan banyaaak lagi merchandise yang juga bisa dijual ke teman-teman. Hand-in-hand dengan siapa saja, supaya makin banyak.

Well, mungkin tidak banyak ide yang bisa saya sumbangkan, tapi saya yakin, niat baik pasti akan diibantu Yang Maha Menentukan..
Maju terus Rumah Ramah Rubella...
Semoga niat baiknya untuk berbagi dapat tercapai ...selamanya...

Ekstra peluk untuk Mama Gess dan Ubii cantiiiiik....mmuuaaah

12 comments:

  1. aamiin mak, semoga Rumah Ramah Rubella semakin berkembang khususnya untuk anak2 yang terkena Congenital Rubella Syndrome

    ReplyDelete
  2. Tadi aku ngikuti kultwit Gracie soal advocacy bagi anak2 difabel. Bagus deh. MOga Gracie mau ngeblog yang tadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak Geees memang mantap ya mak...mudah-mudahan nanti akan muncul artikelnya..

      Delete
  3. sama mak, saya juga sering meneteskan air mata jika mengunjungi blog mama Ubii. Dan hebatnya, Ubii memiliki mama yg sangat kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mak...Tuhan Maha Adil...dan Mama Ges serta Ubii memang ditakdirkan hidup penuh cinta...

      Delete
  4. Benar .. harus rajin dan narsis biar dikenal banyak orang :)
    Sukses buat mamih Ubii ... sukses GAnya mak Indah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Mak Mugniar....makin banyak yang tau, makin banyak dukungan yang diberikan insya Allah...salam mak Mugniar..sukses juga buat dirimuu..

      Delete
  5. kagum dengan Mak Ges dan mak2 lainnya di rumah rubella

    ReplyDelete
  6. Salut sama Mak Ges, semoga harapan dan cita2nya untuk RRR selalu dibukakan pintunya oleh Sang Maha Pencipta. Sukses GA nya, ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin...makasih mak Mira...doa yang terbaik untuk Mak Ges..

      Delete

Welcome! Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here in my blog.
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘